Atas

Android    Komputer    Jaringan    Softwer   
Home » » Cara Memperbaiki AKI / ACU Kering Motor Kesayangan Sahabat Blogger

Cara Memperbaiki AKI / ACU Kering Motor Kesayangan Sahabat Blogger

Posted by SATU JUTA CARA on Saturday, April 1, 2017


Menemukan cara memperbaiki aki kering yang sudah mati tentunya akan menjadi keuntungan bagi pengguna motor maupun mobil dimana sekarang ini mayoritas telah menggunakan accu type kering
yang di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya, jenis aki seperti ini memang bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Selain itu, peletakannya juga bebas ingin diposisikan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.
Kelebihan menggunakan aki MF adalah lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi karena memakai separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki basah, makanya akan lebih baik jika kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah supaya bisa lebih berhemat. Saat ini bisa dibilang hampir seluruh peralatan elektronik mulai dari lampu emergency hingga sitem elektrikal mobil maupun motor mengaplikasikan aki MF sebagai penyimpan dan penyuplai tegangan DC nya.

Berikutnya Tahap Memperbaiki Aki Kering

  • Pertama, siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan usahakan dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas.
  • Membuka penutup bagian atas dengan obeng minus secara paksa namun harus hati hati jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran.
  • Setelah terbuka, akan anda temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar.
  • Siapkan air zuur kedalam suntikan dan anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh.
  • Tutup kembali lubang dan pastikan telah terturup dengan rapat jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas.
  • Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
  • Aki kering sudah siap untuk dilakukan CHARGER untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala (JUMPER) agar aki yang baru diperbaiki ini mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Ada pilihan lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian awal yang lebih cepat.
  • Anda bisa melakukan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.
Sampai pada tahap terakhir tersebut, artinya anda telah berhasil melakukan yang soak untuk sepeda motor atau mobil dengan mudah dan tepat.
Sekedar tips apabila anda membeli aki kering agar memperhatikan dan memahami kode angka yang terdapat pada bagian atas bodi aki. Kode tersebut adalah catatan awal pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 16.03.2016 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 16 bulan 03 tahun 2016. Jadi dengan demikian anda bisa mengetahui bahwa sudah berapa lama usia aki yang akan anda beli. Jadi misalkan anda membeli aki dengan kode yang telah melewati usia 4 bulan sejak awal pengisian, pastikan anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum anda gunakan, agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Daftar Harga Aki Kering

Merek / Type Spesifikasi Kisaran Harga
GS PREMIUM GTZ5S

Rp 150.000,-
YUASA YT7-C (YB5L-B)
12 V, 6 Ah
Rp 170.000,-
YUASA YTZ5-S
12 V, 3.5 Ah
Rp 205.000,-
G-FORCE GTZ7-S / YTZ7-S
12 V, 5,5 Ah
Rp 225.000,-
G-FORCE GM7A-4B / YTX7A-BS
12 V, 6 Ah
Rp 235.000,-
YUASA YTZ6-V
12 V, 5 Ah
Rp 245.000,-
G-FORCE GM9-4B / YTX9-BS
12 V, 8 Ah
Rp 290.000,-
G-FORCE GM12-BS / YTX12-BS
12 V, 10 Ah
Rp 375.000,-
G-FORCE GM14-BS / YTX14-BS
12 V, 12 Ah
Rp 420.000,-
YUASA YTX7L-BS
12 V, 6 Ah
Rp 440.000,-
Untuk informasi daftar harga aki yang lebih lengkap

Penyebab Kerusakan Aki Kering

Baik aki kering maupun aki basah sebenarnya tetap memerlukan perawatan. Dimaksudkan disini adalah perawatan aki dalam masa pemakaian serta cara memperlakukannya untuk mendapatkan usia pakai yang lebih lama atau awet. Misalkan untuk motor maupun mobil, jika dalam waktu yang lama mesin jarang sekali dinyalakan, ini juga dapat menyebabkan aki cepat drop karena suply pengisian kurang maksimal. Untuk menjaga agar aki lebih awet, meskipun tidak ada aktifitas berkendara, sebaiknya tetap diberikan pemanasan mesin setidaknya 2 hari sekali sekitar 15 menit.
Menjaga kebersihan aki juga akan memberikan manfaat yang baik untuk usia pakai. Dengan rajin membersihkan body serta SEL aki, akan menghindarkan dari penumpukan material (kerak) yang kemungkinan juga akan dapat menyebabkan hubungan arus pendek sehingga aki mudah soak dan lekas mati.
Selalu memeriksa kondisi sekering (fuse) sebagai pengaman kelistrikan mobil dan motor. Sekering ini sangat penting karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan anda.

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 SATU JUTA CARA. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger